Selasa, 09 Desember 2014

Pendidikan Politik di Perkuliahan




Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari politik atau politics atau kepolitikan. Politik adalah usaha menggapai kehidupan yang baik. Mengapa politik dalam arti ini begitu penting? Karena sejak dahulu kala masyarakat mengatur kehidupan kolektif dengan baik mengingat sumber alam yang terbatas sehingga mencari solusi untuk membuat masyarakat bahagia dan puas. Inilah yang dinamakan politik.
Dewasa ini pengertian mengenai politik lebih menekankan pada upaya untuk mencapai masyarakat yang lebih baik, seperti kekuasaan, pembuatan keputusan, kebijakan, dan sebagainya. Menurut Peter Merkl: “Politik dalam bentuk yang paling baik adalah usaha mencapai suatu tatanan sosial dan berkeadilan”. Perlu disadari bahwa persepsi mengenai baik dan adil dipengaruhi oleh nilai-nilai serta ideologi masing-masing dan zaman yang bersangkutan.
Budiarjo (2010:15) berpendapat pada umumnya dapat dikatakan bahwa politik (politics) adalah usaha untuk menentukan peraturan-peraturan yang dapat diterima baik oleh sebagian besar warga, untuk membawa masyarakat ke arah kehidupan bersama yang harmonis. Untuk mencapai kehidupan harmonis seperti yang diinginkan banyak upaya yang ditempuh, misalnya pendidikan politik yang mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi politik.
Herbert McClosky dalam Miriam Budiarjo (2010) seorang tokoh masalah partisipasi berpendapat:
Partisipasi politik adalah kegiatan-kegiatan sukarela dari warga masyarakat melalui mana merka mengambil bagian dalam proses pemilihan penguasa, dan secara langsung atau tidak langsung, dalam proses pembentukan kebijakan umum.
Di Indonesia upaya yang diambil agar mahasiswa ikut berpartisipasi politik adalah dengan menyisipkan pendidikan politik pada mata kuliah atau mata pelajaran disatuan pendidikan dan perguruan tinggi yang terintegrasi pada mata kuliah PPKn. Terkait itu termasuk didalamnya sosialisasi menggunakan hak pilih pada mahasiswa sebagai generasi muda agar memahami situasi sosial politik yang penuh konflik. Pendidikan politik diperlukan keberadaannya untuk mendidik generasi muda saat ini yang nantinya menjadi generasi penerus bangsa.

Budiarjo, Miriam. 2010. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar