Rabu, 20 Maret 2013

Psikologi Pendidikan



Psikologi pendidikan berasal dari dua kata yaitu psikologi dan pendidikan. Psikologi yang berasal dari kata “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu. Jadi secara harfiah psikologi adalah ilmu jiwa. Sedangkan Pendidikan berasal dari kata “didik”. Lalu kata tersebut mendapat awalan me- sehingga menjadi mendidik, artinya memelihara dan memberi latihan (Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232). Jadi pendidikan secara harfiah adalah usaha sadar yang di lakuakan oleh pendidik terhadap peserta didik, untuk mewujudkan tercapainya perubahan tingkah laku, budi pekerti, keterampilan, dan kepintaran secara emosional, intelektual, dan spiritual.
Sehingga dapat di simpulkan Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari  tentang perilaku manusia di dalam dunia pendidikan yang meliputi  studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan.
Psikologi terbagi menjadi dua bagian yaitu psikologi umum (general phsychology) yang mengkaji perilaku pada umumnya dan psikologi khusus yang mengkaji perilaku individu dalam situasi khusus , diantaranya :
·         Psikologi perkembangan
Mengkaji perilaku individu yang berada dalam proses perkembangan mulai dari masa konsepsi sampai akhir hayat
·         Psikolgi kepribadian
Mengkaji perilaku individu khusus dilihat dari aspek-aspek kepribadiannya
·         Psikologi klinis
Mengkaji perilaku individu untuk keperluan penyembuhan (klinis)
·         Psikologi abnormal
Mengkaji perilaku individu yang abnormal
·         Psikologi industri
Mengkaji perilaku individu dalam kaitannya dunia industri
·         Psikologi pendidikan
Mengkaji perilaku individu dalam situasi pendidikan
Psikologi pendidikan dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena memiliki kriteria sebagai berikut :
*      Ontologis, obyek dari psikologi pendidikan adalah perilaku individu yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam pendidikan, seperti peserta didik, pendidik, administrator, dsb.
*      Epistemologis, teori, konsep, prinsip, dan dalil psikologi pendidikan dihasilkan berdasarkan upaya sistematis berbagai studi longitudinal maupun studi cross sectional
Aksiologis, manfaat dari psikologi pendidikan terutama berkenaan dengan pencapaian efisiensi dan aktivitas proses pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar