Psikologi pendidikan berasal dari dua kata yaitu psikologi
dan pendidikan. Psikologi yang berasal dari kata “psyche” yang artinya jiwa,
dan “logos” yang artinya ilmu. Jadi secara harfiah psikologi adalah ilmu jiwa.
Sedangkan Pendidikan berasal dari kata “didik”. Lalu kata tersebut mendapat
awalan me- sehingga menjadi mendidik, artinya memelihara dan memberi latihan
(Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232). Jadi pendidikan secara harfiah adalah usaha
sadar yang di lakuakan oleh pendidik terhadap peserta didik, untuk mewujudkan
tercapainya perubahan tingkah laku, budi pekerti, keterampilan, dan kepintaran
secara emosional, intelektual, dan spiritual.
Sehingga dapat di simpulkan
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku
manusia di dalam dunia pendidikan yang meliputi studi sistematis tentang
proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan.
Psikologi
terbagi menjadi dua bagian yaitu psikologi umum (general phsychology) yang
mengkaji perilaku pada umumnya dan psikologi khusus yang mengkaji perilaku
individu dalam situasi khusus , diantaranya :
·
Psikologi perkembangan
Mengkaji perilaku individu yang berada dalam proses perkembangan
mulai dari masa konsepsi sampai akhir hayat
·
Psikolgi kepribadian
Mengkaji perilaku individu khusus dilihat dari aspek-aspek
kepribadiannya
·
Psikologi klinis
Mengkaji perilaku individu untuk keperluan penyembuhan (klinis)
·
Psikologi abnormal
Mengkaji perilaku individu yang abnormal
·
Psikologi industri
Mengkaji perilaku individu dalam kaitannya dunia industri
·
Psikologi pendidikan
Mengkaji perilaku individu dalam situasi pendidikan
Psikologi pendidikan dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena
memiliki kriteria sebagai berikut :
Ontologis, obyek dari psikologi
pendidikan adalah perilaku individu yang terlibat langsung atau tidak langsung
dalam pendidikan, seperti peserta didik, pendidik, administrator, dsb.
Epistemologis, teori, konsep,
prinsip, dan dalil psikologi pendidikan dihasilkan berdasarkan upaya sistematis
berbagai studi longitudinal maupun studi cross sectional
Aksiologis, manfaat dari psikologi pendidikan
terutama berkenaan dengan pencapaian efisiensi dan aktivitas proses pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar