Kamis, 21 Maret 2013

Mitoni-JawaTengah



Mitoni (Tujuh Bulanan)
                 Mitoni berasal dari kata pitu (jawa) yang mempunyai arti tujuh. Mitoni sejak lama diyakini masyarakat jawa khususnya di Demak. Acara tersebut di adaakan untuk bersyukur kepada Tuhan telah diberi kepercayaan menjadi calon ibu, pemanjatan doa agar calon bayi lahir dengan selamat dan tepat pada waktunya, dan pada tujuh bulan ini calon bayi sudah ditetapkan menjadi laki-laki atau perempuan.
                Acara mitoni diawali dengan siraman. Siraman merupakan simbol dari pembersihan diri dari dosa-dosa agar ketika calon ibu melahirkan anak tidak mempunyai beban sehingga proses persalinan berjalan lancar. Berikut adalah prosesi siraman :
·         Suami (calon ayah) memecah kelapa kecil yang muda. Hal ini dimaksudkan memberi jalan bayi agar proses persalinan berjalan lancar
·         Telor ayam kampung dimasukkan ke dalam jarit, apabila telor pecah berarti kemungkinan calon bayi berjenis kelamin perempuan, dan apabila telor tidak pecah kemungkinan calon bayi berjenis kelamin laki-laki
·         Mandi kembang setaman dan kelapa kecil muda yang di pecah tadi di campurkan ke dalam air kembang. Pada saat mandi disediakan tujuh jarit yang berbeda untuk kemben dan dipakai secara bergantian. Ketika jarit yang terakhir dkenakan dan pantas atau cocok dengan calon ibu maka calon bayi kemungkinan adalah perempuan, dan apabila tidak pantas atau kurang cocok maka calon bayi kemungkinan adalah laki-laki.
Prosesi siraman selesai, kemudian calon ibu dipijat oleh dukun pijat bayi yang memandikan tadi.Hal ini dimaksudkan agar calon bayi mapan.
Setelah dipijat calon ibu minum jamu sorong. Jamu sorong itu berasal dari kata surung yang artinya dorong. Hal ini dimaksudkan agar saat proses persalinan mudah seperti di dorong.
Malam harinya setelah meghrib diadakan hajatan atau doa bersama oleh bapak-bapak. Biasanya  yang ikut hajatan ini akan diberikan berkat. Sebelum acara dimulai berkat ditata diatas tiga lembar daun pisang yang melambangkan anggota tubuh manusia yaitu kepala, badan, dan kaki.
Isi berkat harus diperatikan tidak boleh asal karena ini acara mitoni maka semuanya tujuh macam, jajan pasar tujuh macam, urab juga tujuh macam sayur. Untuk makanan ringan juga tujuh macam, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah rujak cacah. Rujak ini juga menggunakan tujuh macam buah. Apabila rujak ini rasaanya sedap kemungkinan calon bayi adalah perempuan, sedangkan apabila rujaknya kurang sedap atau cemplang maka keemungkinan calon bayi adalah laki-laki.
Setelah cara hajatan selesai bapak-bapak boleh mengambil berkat. Setelah berkat habis, suami atau calon ayah akan menarik tiga lembar daun pisang tadi keluar rumah sambil berteriak “ Hore!!!“. hal ini dimaksudkan agar proses persalinan lancar dan mereka gembira menyambut kelahiran sang jabang bayi.

Rabu, 20 Maret 2013

Psikologi Pendidikan



Psikologi pendidikan berasal dari dua kata yaitu psikologi dan pendidikan. Psikologi yang berasal dari kata “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu. Jadi secara harfiah psikologi adalah ilmu jiwa. Sedangkan Pendidikan berasal dari kata “didik”. Lalu kata tersebut mendapat awalan me- sehingga menjadi mendidik, artinya memelihara dan memberi latihan (Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232). Jadi pendidikan secara harfiah adalah usaha sadar yang di lakuakan oleh pendidik terhadap peserta didik, untuk mewujudkan tercapainya perubahan tingkah laku, budi pekerti, keterampilan, dan kepintaran secara emosional, intelektual, dan spiritual.
Sehingga dapat di simpulkan Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari  tentang perilaku manusia di dalam dunia pendidikan yang meliputi  studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan.
Psikologi terbagi menjadi dua bagian yaitu psikologi umum (general phsychology) yang mengkaji perilaku pada umumnya dan psikologi khusus yang mengkaji perilaku individu dalam situasi khusus , diantaranya :
·         Psikologi perkembangan
Mengkaji perilaku individu yang berada dalam proses perkembangan mulai dari masa konsepsi sampai akhir hayat
·         Psikolgi kepribadian
Mengkaji perilaku individu khusus dilihat dari aspek-aspek kepribadiannya
·         Psikologi klinis
Mengkaji perilaku individu untuk keperluan penyembuhan (klinis)
·         Psikologi abnormal
Mengkaji perilaku individu yang abnormal
·         Psikologi industri
Mengkaji perilaku individu dalam kaitannya dunia industri
·         Psikologi pendidikan
Mengkaji perilaku individu dalam situasi pendidikan
Psikologi pendidikan dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena memiliki kriteria sebagai berikut :
*      Ontologis, obyek dari psikologi pendidikan adalah perilaku individu yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam pendidikan, seperti peserta didik, pendidik, administrator, dsb.
*      Epistemologis, teori, konsep, prinsip, dan dalil psikologi pendidikan dihasilkan berdasarkan upaya sistematis berbagai studi longitudinal maupun studi cross sectional
Aksiologis, manfaat dari psikologi pendidikan terutama berkenaan dengan pencapaian efisiensi dan aktivitas proses pendidikan.

Ringgit Purwo



A.    Ringgit Purwa Dipersani Saking Bahasa

                Ringgit purwa inggih punika wayang ingkang diserat saking bayangan. Dados ringgit purwo inggih punika bayangan saking sifat-sifat ingkang wonten ing jiwa manungsa kang dilakokake kalian tokoh-tokoh fiktif dalang. Sifat-sifat manungsa punika kayata kebajikan, jahat, murka, lan liyane.
Ringgit purwa punika sae, amargi migunaake basa jawi kawi. Sakprene basa jawi kawi mboten diagem malih kalian tiyang jawi, napa malih cah enom. Amargi globalisasi tiyang sakniki luweh seneng ngangge basa asing tinimbang basa jawi. Basa jawi sakniki dianggep katrok, kuna kalian bocah enom sakniki. Tapi, mboten sedoyo bocah enom supe kalian basa jawi, wonten ingkang tasih mbudayaake basa jawi. Masyarakat sak niki nggih sami ngagem basa jawi, nanging mboten basa jawi kawi inggih punika basa jawi campuran.
Biasane ingkang tasih ngagem basa jawi kawi punika tiyang sepuh lan tiyang ingkang tasih wonten kraton. Amargi sampun dados kebiyasaan lan tata tertib ing keraton. Basa jawi kawi inggih punika basa ingkang pernah bekembang ing pulau jawi zaman kerajaan Hindhu-Budha ingkang diagem panulisan karya sastra, mulane disebut basa jawi kuna.


B.     Ringgit Purwa Dipersani Saking Budaya

          Ringgit purwa ingih punika budaya Indonesia ingkang kedah dilestariake. Budaya kita ampun kecolongan malih. Kita kedah nglestariake budaya ingkang wonten ing negara kita lan ngenalke ing dunyo kita gadhah budaya ingkang sae-sae lan kedah wajib dibanggaake.
            Ringgit purwo identik kalian jaman rumiyin sahingga tiyang ingkang remen mirsani ringgit warsa sakniki tiyang sepuh. Jarang bocah enom seneng nonton wayang amargi isin dianggep kaya tiyang sepuh lan kuno. Padahal ringgit purwo sampun diakui UNNESCO kebudayaan ingkang nggumunake ing cerita narasi lan warisan ingkang ratri amargi moten wonten ingkang gadhahi kecuali Indonesia. Ringgit purwa luwih kathah ing Jawi Tengah lan Jawi Wetan. Jawi kulon luwih kathah wayang golek.
            Sampun wayahe generasi enom nggelar kreatifitas ingkang fokus kalian kebudayan tradional Indonesia. Khusus ing pagelaran kang dadikke setunggal unsur modern kalian tradisional, sehingga saget diterima kalian generasi enom.

C.     Ringgit Purwa Dipersani Saking Seni

Ringgit purwa dilakokke kalian dalang. Dalang inggih punika tiyang ingkang nglakokake tokoh-tokoh wayang, dalan critane wonten ing astanipun dalang. Dalang diiwangi kalian penabuh gamelan lan waranggana.
Biasane dalang gadhah rewang khusus kangge ngatur wayang sak derengipun pementasan dimulai lan nyiapke tokoh wayang kang dibutuhake dalang ing cerita.
Dalang punika mimipin jalaning cerita, lan crew ing alur ceritane. Kedah kekompakan antara dalang lan crew. Dalang dituntut ngertos karakter tokoh ing pewayangan, lan kedah ngertos gendhing.
Penonton saget nonton wayang saking wingking layar mawon. Wayang kulit dipun lakokke kalian dalang ingkang dados narator dialog tokoh-tokoh wayang, lan diiringi musik gamelan lan tembang sing dinyanyikke sinden. Dalang nglakokke wayang kulit saking wingking layar, sehingga para penonton ingkang wonten ing samping layar saget ningali bayangan wayang ingkang wonten layar kang disinari kalian lampu minyak. Wayang ingkang ditancepake dalang ing set kanan punika kumpulan tokoh kebajikan, bilih set kiri inggih punika tokoh ingkang angkara murka. Penonton kedah ngertos tokoh-tokoh wayang, sahingga ngertos ceritane. Ringgit purwa biasane main 7-8jam.
Dalang mboten saget asal milih lakon kang badhe disajikke, wonten kathah praduga, inggih punika :
1.      Jenis wayang ingkang diginaaken kangge alat peragaan
2.      Kapercayaan masyarakat ing sekitare
3.      Keperluan diadakke pertunjukan kasebut.